Jumat, 05 Desember 2014

biografi KH. Ahmad Mujab Mahalli


KH. Ahmad Mudjab Mahalli, atau tidak jarang orang menyebutnya “Gus Dur-nya Jogja”, Kiai yang intelek, produktif dan humoris ini lahir di Bantul, 25 Agustus 1958 anak pertama dari empat bersaudara dari pasangan Muhammad Mahalli dan Dasimah. Hingga saat ini lebih dari 167 judul buku karyanya yang masih dapat kita nikmati.
Suatu saat di tahun 1985 Mudjab diundang untuk memberikan ceramah dalam forum pelatihan motivator pndok pesantren se-Jawa Tengah di Salatiga. Dalam forum tersebut ia tersanjung dengan seorang wanita pelantun Al-qur’an, dari situlah bibit cinta mulai tumbuh hingga akhirnya berbunga pernikahan pada tanggal 23 Febuari 1989 dengan mempersunting putri ke-9 Kiai Muslih Zuhdi Mustofa (Rembang) bernama Nadlirah yang telah tiga tahun dikenalnya.
Dari bunga cintanya itu menjadi empat buah cintanya, membuahkan empat putra yang kesemuanya laki-laki, yaitu Ahmad Firdaus Al-Halwani, Ahmad Muhammad Naufal, Muhammad Iqbal dan Hadian Shofiyarrahman.
Riwayat Pendidikan
Pendidikan yang pernah ia tempuh dimulai dari SD kemudian melanjutkan ke PGA di Wonokromo. Masuk (pada) tahun 1986 dan lulus tahun 1972. Setelah menyelesaikan PGA, ia melanjutkan ke pesantren Salafiyah Banjarsari, Tempuran, Magelang pimpinan Kiai Muhammad Syuhudi, seorang Kiai yang alim, wira'i dan sangat sabar.

Menjadi Santri
Perjalanan nyantrinya memang unik. Pernah suatu ketika Mudjab Mahalli tidak diterima disebuah pesantren. Tetapi oleh bapaknya diserahkan kepada santrinya, Abdullah Busyro. "iki adikmu tak pasrahke awakmu. Pondokke endi terserah karepmu". (ini adikmu saya serahkan kepadamu. Terserah kamu, dipondokkan kemana,-red). Karena dia merasa diserahi putra gurunya, dia minta petunjuk mbah Hamid dari Kajoran. Kemudian oleh mbah Hamid ia dibawa di sebuah pesantren kecil yang jumlah santrinya ketika itu baru 10 orang. Mbah Hamid mengatakan kepada Mudjab Mahalli, "disini kamu harus 7 tahun. Itu kalau mau jadi. Kalau enggak mau, ya enggak jadi orang". Begitulah, mulai saat itu dia mulai memperoleh bimbingan spiritual dari Kiai Muhammad Syuhudi. 
Baru 7 bulan di pesantren ayahnya, Kiai Mahalli bin Abdullah Umar meninggal dunia. Mudjab sangat sedih dan terpukul perasaannya. Apalagi ia anak tertua. Ia diharapkan dengan 2 pilihan: kembali ke pesantren atau tetap dirumah menggantikan peran ayahnya. Hampir saja ia tidak mau kembali ke pesantren, namun amanah almarhum ayahnya dapat mengalahkan perasaannya. Ia kembali ke pesantren dengan langkah yang lunglai dan kalut. 
Hari-hari masih ia lalui dengan perasaan berkabung. Pada situasi itulah perubahan mulai tampak pada diri Mudjab. Ia mulai tekun mengaji kitab kuning. Dengan kecerdasan dan hafalannya yang kuat, ia dapat menguasai pelajaran lebih cepat sehinga dalam waktu yang relatif singkat. Ia diberi mandat sebagai bakdal (badal atau wakil) Kiai yang mengajarkan kitab kepada para santri. Ia tumbuh sebagai santri senior yang disegani teman-temannya. Bicaranya tegas, lancar dan penjelasannya mudah difahami. Pak Kiai juga sering mewakilkan untuk memberikan ceramah-ceramah pada pengajian di masyarakat. Masyarakat menerimanya dan dia semakin dimnati. Di usianya yang masih remaja, ia telah menjadi santri mubaligh yang dikenal di kawasan magelang barat.

Mulai menulis dan Hadiah Mesin Ketik dari Mahbub Djunaidi
Keproduktifan menulis buku memang tidak begitu saja hadir. Semasa menjadi santri Mudjab memiliki banyak buku, seperti buku-buku psikologi bahasa Arab. Dari situlah Kiai Mudjab mendapat inspirasi. Seperti buku "Melahirkan Anak Sholeh" ia tulis berdasarkan tinjauan psikologi dari buku-buku psikologi yang ia miliki.
Disamping itu, pada usia-usia SLTP ia sudah mulai menulis. Pertama sekali ia menulis cerpen. Cerpen pertamanya berkisah tentang cinta segitiga dan diterbitkan oleh Majalah Kiblat. Cerita ini menurut penuturannya, bermula dari ketika ia tidak memiiki uang. Suatu ketika ia melihat teman-teman sekolahnya berpacaran, sambil intip-intipan di jendela. Kemudian dia menemui teman wanitanya dan menggoda. Dari situ kemudian ia menulis.
Cerpen yang lain, "Antara Adzan dan Lonceng", menceritakan kisah cinta dua anak manusia, yang suatu saat beribadah ke masjid dan yang satunya rajin ke gereja. Cerpen ini terinspirasikan dari fenomena setelah beliau melihat dan merasakan ada jarak antara Islam dan Kristen. Banyak cerpen yang ditulisnya masuk media massa saat itu, khususnya Majalah Kiblat dan Rindang.
Memasuki tahun ke-6 menjadi santri di Banjarsari, ia mulai memikirkan dapat menghidupi diri sendiri tanpa kiriman dari ibunya. Ia mencoba menulis artikel keagamaan pada beberapa media. Ia menerjemahkan kitab Tali'allim fi thariqitta'llum karya Syaikh Ibrahim bin Ismail dengan judul Kode Etik Kaum Santri,  diterbitkan dalam beberapa edisi pada tabloid Suara Bengawan terbitan Solo yang cukup populer saat itu. Ia memperoleh honor dari tilisannya itu.
Buku buah pena pertamanya dengan judul Mutiara Hadits Qudsi diterbitkan oleh Al-Ma'arif, Bandung tahun 1980 ternyata dapat menarik perhatian Mahbub Junaidi, Jurnalis senior khas pesantren yang terkenal dengan kritikan humornya terhadap Mantan presiden Soeharto waktu itu. Sebagai hadiah apresiasinya Mahbubmemberikan hadian mesin ketik kepada Mudjab.
Mahbub pernah memberi pesan kepada Mudjab, "kemana sarjana-sarjana kita? Sekarang banyak orang membawa ijazah, melamar pekerjaan. Setiap melamar, setiap itu pula ia ditolak. Padahal ada satu perusahaan besar membutuhkan beribu-ribu karyawan dan karyanya tidak pernah ditolak. Mana itu? Dunia tulis menulis. Siapa yang menolak karya tulis? Tidak laku sekarang, kan laku besok. Kamu masih muda, tekuni nulis".
Bagi Mudjab menulis banyak sukanya daripada dukanya, dukanya saat menjadi penulis pemula. Banyak anggapan bahwa penulis yang backgroundnya bukan orang kampus seakan-akan karyanya tidak bisa diandalkan. Mudjab yang hidup di lingkungan pesantren dihantui image yang jamgan-jangan tidak berkembang, tulisan-tulisannya tidak bermutu, tetapi setelah ada dukungan dari Mahbub, Mudjab terus menerjang arang melintang yang hingga saat ini telah membuahkan ratusan karya.
Sebagai insan pesantren, Mudjab sangat berharap para santri mau menulis, termasuk menulis buku. Untuk ini beliau berpesan agar para santri jangan memiliki semangat konsumen. Dalam Ta'lim Al-Muta'alim disebutkan "Hai orang-orang yang punya nalar, belajarlah menulis. Karena tulisan itu merupakan hiasan bagi orang yang punya akal. Kalau kamu orang kaya, karya ilmiahmu itu menjadi hiasan. Tetapi bila engkau melarat, maka pekerjaan terbaik adalah menulis".
Dalam menulis buku, Mudjab Mahalli sering menggunakan nama samaran, yakni nama anaknya sebagai samaran. Banyak buku karangannya menggunakan nama-nama anaknya. Misalnya, buku : "Melahirkan Anak Sholeh" dengan nama samaran Aba Firdaus Al-Halwani (yang jika diteliti, sama saja itu adalah Mudjab, karena maksudnya Ayahnya Firdaus Al-Halwani), buku "Do'a-Do'a Mustajab, Do'a-Do'a yang didengar Allah, Manajemen Qolbu" dengan menggunakan nama Abu Ahmad Muhammad Naufal, buku terjemah "Washoya Al-Abab lil Abna'" buku "Hak-Hak anak dalam Syari'at Islam" dengan nama Abu Hadiyan Shofiyarrahman, dan buku-buku lainnya.
Upaya mensejahterakan masyarakat luaspun dibangun dengan buku. Tahun 2002 pemerintah kabupaten Bantu; bekerja sama dengan Kiai Mudjab menerbitkan buku Bayani, memahami Makna Al-Qur'an. Bayani adalah ikhtiar Kiai yang Produktif menulis buku untuk turut menutup kekurangan akan perlengkapan belajar siswa dalan sudut bahasa (kosa kata) maupun penafsirannya.
Mahir Berpidato
Selain mahir dalam bidang tulis-menulis, ternyata kiai Mudjab juga mahir dalam hal berpidato (retorika). Bahkan sejak usia SMP pula dia sudah berpidato di panggung-panggung.
Pada tahun 1980, ia ditawari menjadi penyiar radio, dengan niat mencari ma'isyah ia terima tawaran itu menjadi penyiar radio dalam program PILPENDUT atau Pilihan Pendengar Dangdut. Tidak tahan lama ia bekerja sebagai penyiar radio, ia kembali focus pada khittah pengabdiannya, yaitu sebagai mubaligh, santri sekaligus ustadz di Pesantren Banjarsari.
Menurutnya menjadi mubaligh itu mengasyikkan. Sukanya banyak sekali, dukanya tidak ada. "Kalau kita berbicara menulis dan bertabligh itu semua tidak ada dukanya. Itu jika semangat kita semangat dakwah, mengembangkan ilmu, semua hambatan mudah ditembus. Pengalaman harus mendorong motor berkilo-kilo setelah memberi pengajian menjadi biasa, bukan sebagai duka". Tuturnya.
Menjadi Kiai di Pesantren Al-Mahalli
Mudjab merasa beruntung mentaati nasehat Mbah Hamid Kajoran. Karena sepulang dari pondok (1982) ia langsung mendirikan Pondok Pesantren yang pernah dirintis ayahnya. Ia masih teringat harus memilih antara berangkat ke Timur Tengah, kemudiam menjadi pejabat gede dan tidak bisa meneruskan perjuangan ayahnya, atau tidak berangkat tetapi bisa meneruskan perjuangan ayahnya. Waktu masih di Magelang ia pernah mendaftar untuk bisa studi ke Timur Tengah dan diterima. Tetapi karena keinginannya itu diketahui oleh mbah Hamid dan ia kelihatan bingung, akhirnya, "Ya saya memilih tidak berangkat. Mulai saat itu semua ijazah saya bakar", penuturannya ketika mengenang momentum yang oaling menentukan jalan hidupnya.
Berawal dari pengajian selapan (35 hari) dan pengajian keliling di berbagai desa dan atas dukungan dari masyarakat sekitar ,aka pada tanggal 10 Oktober 1982 resmi berdirinya Pondok Pesantren Al-Mahalli dengan asrama yang permanen meskipun masih sederhana. Pesantren ini beralamatkan di dusun Brajan, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta.
Banyak anak-anak muda dari berbagai daerah dan peosok desa yang umumnya dari golongan ekonomi lemah berdatangan dengan maksud yang sama, yaitu menjadi santri dan tinggal (mondok). Santri pertamanya berjumlah 7 orang. Semuanya dari luar dan mukim di dalam pondok. Sedangkan yang nglaju (santri kaling) dari masyarakat luar sudah banyak, waktu itu sekitar 40-an orang.
Saat itu jumlah santri yang diasuhnya semakin meningkat. Jumlah santri tetap sebanyak 450 orang, 350 orang diantaranya tinggal di asrama. Begitu pula dengan kegiatan yang ada, semakin padat dan diikuti oleh berbagai kalangan. Untuk mengatasi meningkatnya keperluan dakwah dan makin bervariasinya segmen masyarakat yang perlu dilayani, maka kiai Mudjab mulai mendirikan lembaga -lembaga otonom di lingkungan pesantrennya. Antara lain Madrasah Tsanawiyah Al-Mahalli, Lembaga Kajian Pengembangan Islam dan Masyarakat (LEKPIM), Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren), Koperasi Pondok Pesantren (LSM) dan lembaga dakwah yang semuanya memiliki fungsi dan segmen layanan yang berbeda.
Membangun Pesantren dengan Buku
Ciri khgas pondok sebagai lembaga yang mampu menerjemahkan berbagai kitab bahasa arab mulai terbukti. Selain KH. Mudjab Mahalli sendiri yang menerjemahkan, lebih dari 100 judul buku dan kebanyakan menjadi buku best seller. Para santrinya juga memulai mengikuti jejak sang Kiai. Dana hasil terjemahan kitab adalah sumber yang menjadi andalan bagi pengelola pesantren Al-Mahalli. Dengan buku-buku yang diterbitkan pula, kini pesantren itu mampu membangun sarana prasarana fisik.
Dari setiap buku terjemahan yang dihasilkan, oleh Kiai Mudjab sendiri dirinci dengan presentase. 60% untuk pengembangan pondok, 25% untuk pribadi Kiai dan 15% utuk biaya operasional dan kesejahteraan santri.
Dengan makin berkembangnya pesantren yang dikelola oleh Kiai Mudjab, maka nama yang disandangnya juga semakin berkibar, dan Kiai Mudjab juga sering dilibatkan dalam seminar local, nasional maupun internasional, sebagai peserta maupun pembicara. Dari keberhasilan tersebut kemudian banyak lembaga yang mencoba mengadakan studi banding, penelitian maupun kerja sama dengan berbagai kegiatan.
Pesantren Pelopor Keluarga Berencana
Keluarga berencana, Program pemerintah yang gencar-gencarnya dicanangkan pada tahun 1970-an ternyata banyak menuai kontroversi, terutama dengan kalangan para ulama yang mengkaitkan dengan ajaran islam. Namun Kiai Mudjab justru mendukung untuk mensukseskan program tersebut.
Tekad itupun diwujudkan secara nyata oleh Kiai Mudjab setelah melewati berbagai kegiatan BKKBN. Pada tanggal 25 Agustus 1985 ditandatangani SK bersama antara BKKBN Kabupaten Bantul dengan Pondok Pesantren Al-Mahalli. SK tersebut salah satunya berisi bahwa Pondok Pesantren Al-Mahalli termasuk Tim operasional KB tingkat Kabupaten. Dengan demikian dijadikannya Pondok Pesantren Al-Mahalli pilot proyek pengembangan UPGK oleh Unicef dan sebagai motor penggerak sarasehan pemuda tentang kependudukan dan KB, hingga didirikannya pusat pelayanan KB di Pondok Pesantren Al-Mahalli.
Pendirian pusat pelayanan KB mandiri di Pondok Pesantren Al-Mahalli tidak terlepas dari jasa dokter Diti Aminah yang bertugas di Puskesmas Pleret. Gagasan tersebut nuncul ketika Kiai Mudjab menjadi MC pada acara safari KB, dari Siti Aminah yang hadir dalam acara tersebut bak gayung bersambut dengan gagasan Kiai Mudjab terutama dengan pengabdian dalam berbagai kegiatan KB. dr. Siti menyadari bahwa Kiai Mudjab bisa diajak bekerjasama, beliau mengabdikan diri dengan ikhlas untuk masyarakat. 
Kiai Mudjab dalam dunia politik
Warna hijau, identik dengan warna kebanggaan kaum Nahdliyin sebagai kalangannya mengepakkan sayapnya di dunia kepolitikan dan melahirkan sebuah partai, Partai Kebangkitan Bangsa. Salah satu partai yang menang di pemilu tahun 1999 itu dikenal dengan partainya para sanri. Partai yang didirikan oleh mantan presiden Abdu Rahman Wakhid atau Gusdur ini juga pernah menjadi duia poitik Kiai Mudjab, bahkan karena kedekatan dan kemiripan karakter beliau sering kali dijuluki “Gus Dur-nya Jogja”. 
Pernah suatu ketika di tahun 1999. Ketika itu Gus Dur dan Sri Sutan Hamengku Buwono X mengadakan pertemuan di Hotel Novotel sedang diluar banyak orang yang ingin nguntapake Gus Dur  yang akan kampanye di Bantul. Karena pertemuan dua tokoh terseut cukup lama, masyarakai di luar hotel tak sabar menanti. Kemudian kekonyolan Kiai Mudjab berlagak seperti Gus Dur, didukung dengan poster tubuhnya yag memang mirip Gus Dur, tanbun, berkacamata, dipapah dua orang bahkan polisi pun ikut mengamankannya. Sambil berjalan pelan-pelan keluar dari lobi  hotel masyarakan pun ikut berhamburan untuk ikut berjabat tangan. Tiba-tiba Gus Dur palsu itu trbahak-bahak, dua orang yany memapahnya lantas melarikan diri, orang-orang pun baru sadar mereka tertipu. 
Tahun 2001 KH. Ahmad Mudjab Mahalli terpilih menjadi ketua DPW PKB DIY. Ditahun yang sama Gus Dur sebagai petinggi PKB lengser dari kursi kepresidenan, menurt Kiai mudjab pengunduran Gus Dur dalam politik merupakan hal yang biasa, dalam Al-qur’an juga disebutkan, silih bergantinya kekuasaan itu merupakan sesuatu yang wajar, bukan suatu yang berlebihan.
Dalam strategi mengangkat kembali PKB di masa itu, Kiai Mudjab mengadakan kampanye-kampany riil, dengan wujud pendekatan-pendekatan kepada warga nahdiyin, kepada orang-orang non NU maupun non muslim. Menurutnya partai tersebut  adalah partai terbuka, jika sudah berbicara mengenai manusia yang agam apapun suku apapun akan diterima. Diprioritaskan untuk kemasyaakatan harus berorientasi secara politik dan sosial kemasyarakatan, baginya PKB bukan mengedepankan bungkus tetapi mengepankan isi, maksudnya meski partai politik islam yang mengedepankan ahlussunah wal jamaah tetapi tidak perlui islam secara formal menjadi bungkus karena kenyataan hidup di masyarakaat bergaul dengan berbagai macam manusia, agama, dan lain sebagainya. Dengan tidak mengedepankan bungkus, justri partai tersebut akan menjadi partai rahmatan lil alamin, bermanfaat bagi siapa saja.
Saat karier politiknya dipuncak, dia tidak mau ambil bagian misal untuk mencalonkan diri  sebagai bupati atau anggota dewan, tetapi dia milih menjadi pnggerak dibelakang layar. Dan sesuatu yang sangat jarang dilakukan tokoh kebanyakan, bahwa dia tidak mau menjilat atau sering nemui pejabat dikantor. Hal ini untuk menghilangkan image  bahwa kiai peminta. Ini menjadi pantangan buat beliau, kecuali kalau sang pejabat berkunjung diperantrennya akan dilayani dengan sebaik-baiknya.
Demikian pula Beliau mengajarka kepada par anggota dewan dan wanti-wanti untuk tidak saling srengat setelah mempunyai gaji banyak. Sama-sama punya uang jangan lantas terlalu nampak membeli ini dan itu. Hal yang mendasar selain menimbulkan kesenjangan dengan konstituen juga menjaga agar tidak terjadi kecemburuan sosial.
Bangga pernah punya santri mentri dan orang-orang TOP
Menyinggung otonmi daerah, Kiai Mudjab mlihat pesantren paling siap. Kalau ingin sukses menjemput otonomi harus menyiapkan ahlul kuro amanu wataku yaitu masyarakan yang beriman, bertaqwa, percaya diri, kemudia ilmunya direalisasikan dalam kekidupan nyata.
“Allh toh sudah berjanji, akan membukakaan brkah dari langit dan bumi bila sebuah masyarakat satu tempat beriman dan bertaqwa, Allah akan memberikan kemakmuran atas keadilan, keadilan atas kemakmuran” kata beliau yang dilangsir pada sebuah media masa waktu itu. Amanu wataku berciri ukhuwah islamiyah, persaudaraan sesama umant islam. Juga ukhuwah basyariyah, persaudaraan antara umat beragama tanpa membedakan ras dan agama kemudian ukhuwah wathoniyah, persaudaraan antar wilayah. Pengalaman ini bisa digali di pesantren.
Al Mahalli boleh bangga memiliki manager pesantren yang sedemikian hebat. Ketika mentri pendidikan Harmoko berkunjing ke Al Mahalli tahun 1987, penyambutan dilakukan secara sederhana.”orang bilang omongan Harmoko lebih laku  dari omongan saya. OK. Tapi dia pernah kulakan ilmu kepada saya”.  Kiai Mahalli mencontohkan perintah Nabi, kalau ada bayi lahir, berilah adzan di telinga kanan dan iqoman ditelinga kiri. Lalu yang  beliau katakan kepada Pak Hamoko, yang namanya bayi juga butuh informasi dunia akhirat, kemudian Haromko menyampaikan hal itu kemana-mana. 
Kiai Mudjab bangga haromko bisa menyampaikan hal itu. Al Mahalli sempat menjadi Pusat Informasi Pondok Pesantren (PIPP). Ide yang digulirkan oleh Harmoko di tahun 1988. Dalam peresmian PIPP serempak diseliruh Indonesia, salah satunya PIPP Al mahalli yang diketuai Kiai Mudjab.
Kiai Mudjab suka membaca tulisan Bung Karno. Bung Karno hanya membahaskan ajaran Islam, karena memang beliau Islam. Penyampaiaannya dengan bahasa kemasyarakatan yang mudah dipahami, tida seperti cendia saat ini, bahasanya mentereng, pinter ngomong tapi esensinya tidak jelas.
Menurutnya nepotisme sudah ada sejak dulu. Kiai mudjab mencontohkan kisah nabi. Nabi Harun bisa menjadi Nabi karena nepotisme, Nabi Nusa pernah memohon “ ya Allah saya ini tidak bisa ngomomng, tolong saudara sepupu saya (Harun) diangkat menjadi Nabi karena dia pintar berbicara”. Permohonanpun dikabulkan. “Gusti Allah saja melegitimasi nepotisme, kok kalau seseorang memang cakap dan mampu kenapa tidak?” Cuma di orba hal itu disalah gunakan.”kalau untuk kemaslahatan umat apa jeleknya”.
Tidak hanya dikenal oleh pejabat tinggi nasional saja, pesantren Al mahalli dan sang kiai dikenal di didunia internasional. Mantan presiden Jerman Johannes Rau saat datang ke Indonesia pernah singgah dipesantren Al Mahalli.
Bagi orang yang terbiasa tinggal dipesantren, mungin tidak heran jika satu kamar mandi digunakan untuk 10 santri. Namun, bagi orang-orang diluar ponpes apalagi seperti presiden Jerman waktu itu, tentu menimbulkan rasa haru. Ia semakin terenyuh ketika mendengar peraturan santri yang menceritakan dukanya ketika ratusan santri harus mengantri hanya dengan 3 kamar mandi. Mendengar penuturan itu, Johannes Rau tergugah untuk membantu sejumlah penbangunan kamar mandi di pesantren Al Malalli.
Tak ketinggalan di dunia seni dan hiburan, pesantren Al Mahalli juga menjadi pusatnya. Tidak jarang seniman-seniman kondang berdatangan di griya santri itu, seperti L Manik, W.S Rendra, Idris Sardi, Lis Dahlia, Dedy Miswar, Hendro Plered dan seniman lainya. Bahkan pada tahun 2001 film animasi asli Indonesia garapan Bening Kampoeng Animasi (BKA), Hang Tuah, diputar di Pesantren Al Mahalli barengan dengan saresehan.
Suka Silaturahmi dan Bertemu dengan Orang Kecil
Nama besar dan posisinya sebagai kiai dan tokoh sentral tidak membuatnya lupa ntuk bersilaturahmi, hampir tiap malam seusai berdakwah, dia sangat sering untuk mampir sitaturahmi kerumah santri atau kawan seperjuangan (kiai kampung) dll. Uniknya lagi beliau tidak minta di istimewakan. Begitu sampai rumah ang dituju beliau langsung leyeh-leyeh atau nglekar (berbaring) dengan melepas baju dan mengenkan kaos.
Tidak itu saja, ternyata beliau suka berkawan dan mendengarkan dengan santri, orang kecil dan sejenisnya, beliau sangat suk mendengarkan cerita perkembangan kampug binaannya dan juga lainnya dengan lebih banyak mendengarkan ketimbang bercerita. Hal itu dilakukan hampir tiap malam dan pasti larut malam. Anehnya jika subuh juga rutin mengisi/mengajar santri dipagi hari.
Hobi Kuliner
  Bukan sekedar kuliner untuk makan, tapi justru nilai kedekatan dengan kawan, sahabat, anak buah, dan handai taulan terbentuk di sini. Orang tidak membayangkan sesibuk beliau, masih sempat untuk melakukannya bukan di resto yang besar dan mahal, tetapi justri di pinggir jalan, murah dan ternyata tidak sedikit pemilik warung yang komentar “itu kan pak kiai”. Tapi hal itu tetap aja di nikmati Kiai Mudjab dengan santrinya. Hal ini nampaknya memunculkan analisa bahwa kiai tidak sekramat ornga kebanyakan fikir.
Duka di Bulan Ramadhan
Berita meninggalnya KH. Ahmad Mudjab Mahalli bak petir di siang bolong, banyak yang tidak percaya dengan kepergiannya yang begitu cepat. Beliau menghembuskan nafas terakhir di RS Panti Rapih pukul 13.37 WIB, Sabtu 15 November 2003 bertepatan pada tanggal 20 Ramadhan.
Beberapa kalangan pejabat merasa kehilangan atas kepergian beliau, seperti yang diungkapkan mantan orang nomor satu di kabupaten Bantul Drs. H. Idham Samawi "yang kehilangan putra terbaiknya bukan hanya Bantul atau DIY tanpa kiai Mudjab Mahalli, bukan hanya umat islam saja yang merasa kehilangan, namun juga umat agama lain karena beliau sangat toleran. Bulan Agustus lalu (2003) saya nderekke beliau menerima penghargaan pembangunan masyarakat oleh presiden Megawati di Istana Negara".
Dalam penghormatan terakhirnya nampak pula pejabat-pejabat pemerintahan, ulama seperti mantan presiden Abdurrahman Wakhid, Prof. Mahfud MD, Amien Rais, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sri Pakualaman IX, bupati-bupati se-DIY, KH. Bisri dan masih banyak lainnya. 
"Kepergian almarhum begitu indah dan membuahkan nasehat yang baik" ungkap salah satu petaziah yang dikutip dari salah satu media masa.

6 komentar: